Pebasket Legendaris Menulis Novel Tentang Mycroft Holmes

KareemNama Kareem Abdul-Jabbar dikenal sebagai pemain basket professional NBA pada masanya. Namun diluar kemampuannya mendrible bola basket, ia juga cukup dikenal sebagai seorang penulis. Beberapa karya terdiri dari sebuah autobiography, beberapa buku non-fiksi, serta buku-buku untuk anak-anak. Kali ini, mantan pemain basket yang pernah enam kali meraih sebagai “MVP” di NBA tersebut mencoba menulis novel pertamanya dengan mengambil tokoh Mycroft Holmes, kakak dari detektif terkenal Sherlock Holmes.

Nampaknya setelah Supreme Court (pengadilan tinggi di AS-red) memutuskan bahwa tokoh Sherlock Holmes telah menjadi milik publik dan tidak lagi berlindung di bawah naungan hukum para pewaris sang penulis Sir Arthur Conan Doyle, telah membukakan pintu bagi para penulis masa kini untuk berkreasi dengan tokoh tersebut dan juga beserta karakter pendukung lainnya. Hal itu pun yang dilakukan Kareem dengan memanfaatkan momen tersebut. Namun ia tidak seperti kebanyakan penulis lainnya yang lebih terfokus kepada Sherlock Holmes. Kareem lebih tertarik untuk mengangkat kisah sang kakak, Mycroft Holmes yang sama jeniusnya seperti sang adik.

08artsbeat-kareem-articleInlineKareem Abdul-Jabbar berkata bahwa ia mulai tertarik dengan tokoh Sherlock Holmes semenak ia menjadi pemain basket pemula. Seiring berjalannya waktu, ia mulai menyukai karakter sang kakak, Mycroft Holmes sebagai seorang “armchair detective” (detektif yang tidak keluar rumah-red) setelah ia membaca “Enter the Lion: A Posthumous Memoir of Mycroft Holmes” karangan Michael P. Hodel dan Sean M. Wright. Ia pun berpikir tentang kemungkinan untuk mengembangkan tokoh ini seperti yang ia singgung di situs Melville House Books.

“Saya merasakan banyak yang bisa dilakukan dengan karakter ini yang lebih tua, lebih pintar dan kemampunya untuk masuk dalam level tertinggi Pemerintahan Inggris dengan settingan era dimana Inggris adalah negara yang terkuat di dunia,” ungkapnya

Novel yang ditulis Kareem yang dibantu dengan Anna Waterhouse ini nantinya akan bersetting di Inggris dan Trinidad dan bercerita saat Mycroft Holmes bertugas di “the British Secretary of War.” Di sini, Mycroft akan terpaksa pergi ke Trinidad dan menyelidiki tentang teman baiknya yang menghilang secara misterius, kematian anak-anak yang aneh, serta menyelidiki tentang jejak terbalik yang ia temukan di pasir. Rencananya, novel ini akan diterbitkan pada musim gugur tahun ini oleh Titan Books.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s