Kisah Sherlock Holmes Yang Hilang Ditemukan Di Loteng

Sherlock-Holmes-st_3206274c

Seorang sejarawan bernama Walter Elliot telah menemukan naskah cerita asli kisah Sherlock Holmes rekaan Sir Arthur Conan Doyle yang telah lama hilang. Kisah berjudul “Sherlock Holmes: Discovering the Border Burghs and, by deduction, the Brig Bazaar” tersebut ditemukan saat ia tak sengaja membersihkan membersihkan loteng rumahnya di kota Selkirk, Skotlandia.

Menurut sejarawan tersebut, naskah cerita ini merupakan tulisan Sir Arthur Conan Doyle saat ia membantu warga kota Selkirk untuk menyelamatkan jembatan bersejarah di kota tersebut dalam acara penggalangan dana pada 80 tahun silam. embatan kayu tersebut telah hancur akibat banjir besar yang terjadi pada tahun 1902. Penduduk setempat kemudian mengadakan sebuah acara pasar rakyat selama tiga hari untuk mengumpulkan dana bagi pembangunan jembatan dan sumbangan bagi korban banjir pada tahun 1904.

Sebagai bagian dari acara penyelenggara, kemudian dijualah sebuah koleksi cerita pendek oleh penduduk setempat yang berjudul “The Book o’ the Brig”. Sang penulis yang terkenal dengan tokoh detektif esentrik Sherlock Holmes tersebut turut menyumbang sebuah kisah bersama para penulis lainnya sebelum acara amal tersebut ditutup.

Berdasarkan hasil pantauan dari situs telegraph.co.uk, Elliot menjelaskan bahwa buku itu dibeli dari seorang temannya yang tidak bisa ia ingat lagi namanya, telah memberikannya pamflet berisi 48 halaman lebih pada 50 tahun yang lalu. Naskah cerita ini memiliki ukuran sekitar sepuluh inci, dengan penutup kertas berwarna cokelat muda dan berisi tentang beberapa kisah dari orang-orang lokal serta penulis terkenal.

“”Saya sudah memiliki buku ini selama sekitar 40 atau 50 tahun,” tutur Elliot. “Saya mendapatkannya dari seorang teman karena saya tidak ingat membeli dari siapa pun. Biasanya orang akan membuang buku-buku ini atau menjual mereka. Namun ini telah ada di keluarga saya untuk beberapa waktu hingga sekarang. Saya tidak tahu apakah itu pernah dipublikasikan karena saya belum pernah melihatnya. Saya selalu tertarik pada sejarah dan keluarga saya selalu meneruskan cerita. Saya kira ini adalah salah satu kisah yang diturunkan”.

Dengan ditemukannya kumpulan cerita berharga itu, pihak museum kemudian meminta kepada Elliot untuk menggali karya langka tersebut dan mengikatnya menjadi satu buku dengan menggunakan benang dan meletakkannya pada bingkai sebagai bagian dari acara museum lokal yang akan datang.

Leave a Reply

