Archtype dan Istilah Detektif Dalam Genre Crime Mystery Fiction

Bbcmarlowe1

Detektif fiksi secara umum bisa diklasifikasikan dalam empat tipe. Mereka terdiri dari:

Amateur Detective 

Mereka berada di luar kewenangan badan penyelidikan resmi, tapi dianugerahi memiliki kelebihan kecerdasan, rasa penasaran, dan keinginan untuk menegakkan keadilan.
Contoh: Miss Marple, C Auguste Dupin, Lord Peter Wimsey, Shinichi Kudo/Conan Edogawa, Jessica Fletcher, Gideon Fell, Father Brown, Joseph Rouletabille, Hajime Kindaici, dan lain-lain.

Private Detective 

Detektif yang bekerja secara profesional dalam penyelidikan kasus kriminal dan dibayar, tapi berada diluar lembaga penyelidikan resmi.
Contoh: Sherlock Holmes, Philip Marlowe, Sam Spade, Hercule Poirot, Magnum, Cormoran Strike, Kogoro Akechi, dan lain-lain.

Police Detective 

Bagian dari badan penyelidikan resmi yang ditugaskan untuk memecahkan kasus kriminal.
Contoh: Jules Maigret, Kojak, Morse, Columbo, Frost, Clouseau, Roderick Alleyn, dan lain-lain

Forensic Specialist 

Bekera sama dengan badan penyelidikan resmi, yang ditugaskan secara khusus untuk mendapatkan hasil ilmiah yang berkaitan dengan kejahatan, tapi tidak terlibat secara menyeluruh dalam kasus kriminal.
Contohnya: Scarpetta, Quincy, Cracker, CSI teams, Thorndyke, dan lain-lain.

Di bawah ini ada beberapa istilah detektif lainnya.

Gentlemen Detective

Istilah ini biasanya disematkan kepada para tokoh detektif yang memiliki persorna yang menawan dan berpakaian layaknya bangsawan. Dari penampilan dan tingkah laku seperti orang-orang terhormat. Contohnya yang paling mudah dilihat adalah dari tokoh Hercule Poirot, Lord Peter Wimsey, Sherlock Holmes, Philo Vance.

Private Eye

Istilah ini berasal dari kata Private Investigator yang biasa disingkat P.I. Sehingga banyak yang mengistilahkan huruf “I” dengan “Eye” yang akhirnya menjadi Private Eye. Sebenarnya sebutan ini hampir sama dengan detektif swasta atau partikelir. Namun istilah sering terdengar di novel hardboiled crime fiction dari Amerika. Biasanya di novel para private eye menangani berbagai macam penyelidikan. Mulai dari perselingkuhan, orang hilang, asa pengamanan, penculikan, pencurian dan lain-lain. Contohnya bisa dilihat dari Sam Spade, Philip Marlowe, Lew Archer, Mike Hammer, dan lain-lain.

Armchair Detective

Istilah ini biasanya ditujukan kepada para tokoh detektif rumahan atau detektif yang memecahkan kasus dari ruang keranaya tanpa turun langsung ke lapangan. Detektif ini mengambil kesimpulan tentang kasus kriminal yang ia baca dari berita di koran dan telivisi, atau mendengar laporan langsung dari orang lain yang pernah terun ke lapangan tempa teradinya suatu kasus. Salah satu contohnya adalah Nero Wolfe yang menyelidiki kasus dari ruang kerjanya dan mengutus asistennya, Archie Goodwin untuk menyelidiki di lapangan. Dari laporan sang asisten, Nero Wolfe bisa mengambil kesimpulan akan kasus yang sedang ditanganinya

Occult Detective

Istilah ini ditujukan buat para detektif yang biasanya menyelidiki kasus-kasus misterius yang tidak terungkap nalar manusia. Biasanya berhubungan dengan sekte, makhluk luar angkasa, atau kasus mistis. Contoh yang paling klasik adalah Harry Escott karangan Fitz James O’Brien. Contoh lain lagi bisa ditujukan kepada tokoh Fox Mulder dan Dana Scully dari The X Files, serta L dari Death Note.

Bumbling Detective

Istilah Comic atau Bumbling Detective ditujukan buat para detektif jenaka, yang memadukan komedi dan kisah misteri atau sebaliknya. Contohnya banyak sekali, seperti Inspector Clouseau (The Pink Panther), Ace Ventura, dan beberapa tokoh lainnya.

Physically Disabled Detective

Istilah ini ditujukan buat para tokoh detektif yang memiliki cacat fisik atau pun penyakit khusus. Seperti yang kaki atau tangan yang diamputasi, buta, tuli, kerdil, wajah rusak, dan berbagai masalah fisik lainnya. Meski mengalami cacat fisik, namun otak mereka benar- benar jenius.Contohnya Cormoran Strike, Robert Ironside, Dan Fortune, Nora Callum, Joe Binney, Owen Archer, Peter, dan masih banyak lagi.

Detective Team

Ditujukan untuk para kelompok yang terdiri dari beberapa detektif atau para detektif yang berkolaborasi dan akhirnya membentuk tim. Namun biasanya, kisah ini lebih condong ke genre action dan adventure. Contohnya Three Investigator, Scooby Doo and the Gank, Detective Q, dan lain-lainnya.

Masih banyak istilah detektif lainnya yang mungkin belum sempat diabarkan disini. Bila ada yang memiliki tambahan sumber lain, bisa ditambahkan nanti disini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s