“Happy 125th Anniversary” Sang Ratu Kriminal dan Misteri, Agatha Christie.

CO6NWx5UYAEjYqn
Hari ini, tepatnya 125 tahun yang lalu telah lahir salah satu penulis kisah kriminal paling fenomenal sepanjang masa, Agatha Christie. Ia terlahir di Torquay, Devon, Inggris pada 15 September 1890 silam dengan nama lengkap Agatha Mary Clarissa Christie.

Semenjak remaja, Christie sudah menunjukkan bakatnya dengan menulis cerita pendek. Namun, debut novel pertamanya diterbitkan justru setelah ia menikah dengan suami pertamanya, Archibald Christie. Melalui novel perdananya “The Mysterious Affair at Styles”, ia menciptakan tokoh detektif Hercules Poirot yang terilhami dari novel “The Moonstone” karya Wilkie Collins dan kisah petualangan Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle. Sampai saat ini, ia telah menulis 66 novel dan 150 cerpen misteri, termasuk salah satu karya fenomenalnya “And Then There Were None.”

Agatha Christie meninggal dunia pada 12 Januari 1976 di usianya yang ke-85 tahun. Berkat jasa-jasanya dalam bidang literasi dan seni, ia mendapat gelar kebangsawanan “Dame” oleh pemerintah Inggris. Karya sampai saat ini masih menjadi salah satu karya yang diminati sepanjang masa.

Bertepatan dengan ulang tahunnya, tahun ini kembali digelar The International Agatha Christie Festival 125th di Torre Abbey, Torquay, Inggris yang digelar mulai 11 sampai 20 September mendatang. Selamat ulang tahun Agatha Christie yang ke-125!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s