Sharing Fiksi Detektif di IRF 2015

 

112Sebuah pengalaman luar biasa mengikuti “Festival Pembaca Indonesia / Indonesian Reading Festival 2015”. Acara yang digagas oleh Goodreads Indonesia dan bekerja sama dengan Synthesis Development tersebut dianggap sebagai surganya bagi para pecinta buku di Tanah Air. Di tahun ini, Detectives ID berkesempatan untuk berpartisipasi mewakili komunitas pecinta fiksi detektif Tanah Air.

Bioskop Baca “The Raven”

Selain menggelar pameran buku, Detectives ID juga akan menggelar acara nonton bersama melalui acara “Bioskop Baca” pada hari Sabtu, 5 Desember pukul 14.00 sampai 16.30. Adapun film yang akan ditayangkan adalah film bergenre misteri thriller yang mengangkat kisah Edgar Allan Poe dengan judul “The Raven.” Untuk memeriahkan acara tersebut, pihak Detectives ID dan Goodreads Indonesia akan menggelar kuis berhadiah yang berkaitan dengan film tersebut. Dalam kesempatan ini, Detectives ID juga didukung oleh Detect Wardrobe yang akan menampilkan merchandise ikon detektif, topi deerstalker Sherlock Holmes. Topi ikonik ini akan menjadi hadiah utama dalam gelaran kuis tersebut.

Reaksi para penonton yang ditunjukkan saat pemutaran film tersebut sangat bermacam-macam. Rata-rata yang lebih banyak terlihat adalah ketegangan di waah mereka, mengingat banyak adegan gore di dalam film tersebut. Meskipun seperti itu, para penonton yang kebanyakan wanitalah yang memperhatikan setiap adegan dalam film tersebut. Sehingga saat Detectives ID memberikan pertanyaan quiz, beberapa di antaranya bisa menjawab dengan tepat, termasuk pertanyaan tentang beberapa karya Edgar Allan Poe yang disebut dalam film tersebut.

keren

143

Sharing Melalui Mading Detectives ID

Di hari kedua, kami lebih memanfaatkan booth kami sebagai sarana untuk berbagi. Selain menyediakan beberapa bacaan mengenai novel detektif, kami juga menawarkan pengetahuan dan games seputar detektif. Pengetahuan yang dimaksud adalah searah dan seluk beluk mengenai genre detektif yang pernah kami pelajari. Dan semua itu tersedia melalui Mading Detective Fiction yang kami tempel di booth kami.

18

154

156

Salah satu pengalaman berharga dari event ini adalah bertambahnya pengetahuan kami mengenai dunia literasi, terjalinnya koneksi baru, dan saran-saran yang berharga untuk kami berkarya ke depannya. So, kami ucapkan terima kasih buat Goodreads Indonesia dan Synthesis Development atas gelarannya yang luar biasa. Semoga tahun depan kami bisa berpatisipasi lagi.

 

Advertisements

2 thoughts on “Sharing Fiksi Detektif di IRF 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s