Nobar dan Diskusi Poirot “The Mysterious Affair at Styles”

12778987_1546985338933079_3058358403387548603_o

Detectives ID menggelar acara “nonton bareng” salah satu kisah detektif kenamaan yang diangkat dari novel terkenal. Salah satunya adalah Agatha Christie”s Poirot dengan judul “The Mysterious Affair at Styles.” Acara “Nobar Poirot” tersebut digelar di Kineforum, TIM, Cikini, Jakarta Pusat pada 5 Maret lalu dan dihadiri sekitar 27 peserta. Panitia menargetkan hanya 20 peserta, namun ternyata yang datang ternyata melebihi target. Di antaranya terdapat beberapa peserta lintas generasi yang sangat mengagumi hasil karya Agatha Christie tersebut.

Film televisi yang diangkat dari novel pertama kemunculan detektif Belgia, Hercule Poirot tersebut merupakan salah satu film televisi yang diproduksi oleh Acorn TV dan ITV yang sempat ditayangkan di awal 90-an silam. Serial tersebut menampilkan David Suchet sebagai Hercule Poirot dan Hugh Fraser sebagai Arthur Hastings yang bertemu dalam sebuah kasus pembunuhan dengan racun yang terjadi di desa Styles St Mary.

Dengan durasi 1 jam 47 menit, film tersebut berhasil menyedot perhatian penontonnya mengingat banyak sekali penonton Indonesia yang belum berkesempatan menyaksikan tokoh Poirot tampil di layar kaca. Tidak kalah menariknya, setelah acara nobar tersebut pihak panitia menggelar acara diskusi ringan mengenai film tersebut serta sang tokoh Hercule Poirot.

“Hercule Poirot lebih ke rasional, sedangkan Sherlock Holmes lebih empiris,” kata Aisyah “Chacha”, salah seorang peserta yang berprofesi sebagai seorang psikolog dalam sesi diskusinya. “Contohnya, kalau ada orang yang bilang di luar ada singa, maka orang rasional akan percaya dan berpikir hal itu mungkin saa teradi. Tapi orang empiris akan memilih untuk melihat lebih dahulu buktinya baru ia bisa percaya.”

Acara “Nobar Poirot” ini juga didukung oleh Gramedia Pustaka Utama yang menyediakan tiga hadiah menarik untuk para peserta, yaitu tiga buah novel “Agatha Christie The World’s Favourites.” Para peserta harus menjawab pertanyaan seputar film yang baru saja mereka tonton. Alhasil, ada tiga pemenang yang berhak mendapatkannya, yaitu Chacha, Irma, dan Indri.

Mengingat banyaknya permintaan, maka rencananya “Nobar Poirot” akan digelar kembali.

1sa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s