Mengenang Peter Falk, Aktor Dari Detektif Televisi Columbo

COLUMBO, Peter Falk, 1971-93

Tanggal 23 Juni memiliki arti bagi penggemar aktor dari serial detektif Letnan Columbo, Peter Michael Falk. Pasalnya tanggal tersebut merupakan hari meninggalnya sang aktor legendaris yang meninggal pada lima tahun lalu. Pria kelahiran New York tersebut meninggal pada usia 83 tahun akibat pneuomania.

Bertepatan dengan itu, sebuah hastag di akun media sosial twitter dengan tagar #Columbo #PeterFalk #RIP yang diprkasia oleh akun @Columbophile membanjiri timeline twitter di wilayah Amerika. Hal ini ditujukan untuk menghormati aktor yang langganan menyabet Emmy Award itu untuk perannya sebagai detektif Columbo.

Peter Falk memerankan tokoh detektif polisi bernama Columbo yang sederhana, ramah, sopan, namun agak sedikit dekil dan suka bicara ‘ngalor-ngidul.” Para penggemar cerita detektif di dunia mengagumi sosok ‘underdog detective” tersebut. Mulai dari 1968 sampai 2003, fans mencintainya sampai akhir hayatnya. Bahkan ia satu-satunya detektif buatan televisi yang memiliki patung perunggu yang saat ini berdiri tegak di salah satu taman di kota Budpest, Hungaria.

Peter Falk memiliki seorang putri Catherine Falk yang di dunia nyatanya juga sebagai seorang detektif swasta sekaligus seorang pengacara. Sang putri pun turut mengenang sang ayah yang dianggap menjadi panutannya.

Untuk mengenangnya, berikut ada beberapa link video dokumenter pendek dan beberapa adegan yang diambil dari serial Columbo “Now You See Him” ketika ia menangkap seorang pesulap yang membunuh rekan kerjanya, ditambah pidatonya saat ia memenangkan penghargaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s