Perayaan 100 Tahun Karya Agatha Christie Siap Digelar

AC1

Tak terasa sudah memasuki satu abad semenjak pertama kali penulis kisah kriminal misteri dan detektif Agatha Christie menorehkan karya pertamanya berjudul “The Mysterious Affair Styles” yang ditulis di tahun 1916 silam saat usianya masih 26 tahun. Momen itu menjadi pertanda kelahiran penulis kriminal wanita yang paling populer di seluruh dunia. Bertepatan dengan peristiwa penting tersebut, pihak Agatha Christie Ltd menggelar acara “The International Agatha Christie Festival 2016” yang diselenggarakan bertepatan dengan hari lahir penulis tersebut pada 15 September mendatang di Torquay, Inggris.

Sebenarnya festival ini telah digelar secara rutin setiap tahunnya. Namun momen kali sangat istimewa mengingat seratus tahun lalu Agatha Christie mengukuhkan dirinya sebagai salah satu penulis cerita detektif wanita di era keemasan novel detektif.

Bertepatan dengan perayaan tersebut, salah satu penulis wanita berbakat yang meneruskan kisah Hercule Poirot, Sophie Hannah akan hadir sebagai pengisi acara dalam festival tersebut. Penulis yang sempat meluncurkan “The Monogram Murder” ini akan kembali merilis novel kedua dari detektif berkumis handle bar tersebut dengan judul “Closed Casket” yang rencananya akan dirilis awal September mendatang, beberapa hari sebelum festival ini digelar.

Dalam acara itu, Mathew Prichard selaku cucu dari Agatha Christie akan membuka perayaan tersebut dengan membacakan salah satu cerpen mendiang neneknya yang berjudul “The Witness for the Prosecution”, yang pertama kali diterbitkan pada 1925 silam. Rencananya, cerita tersebut akan diadaptasi ke layar kaca oleh BBC yang naskahnya akan ditulis oleh Sarah Phelps, penulis yang sama untuk mini seri “And Then There Were None” yang tayang akhir tahun lalu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s