Novel “Pastiche” Sherlock Holmes dan Hercule Poirot Terbaru di Gramedia

2016-09-28-10-38-39

Bulan September 2016 ini merupakan bulan terbitnya novel terjemahan terbaru dari kisah petualangan dua detektif ikonik, Sherlock Holmes dan Hercule Poirot. Berkat penerbit Gramedia Pustaka Utama, kepiawaian dua detektif tersebut kembali bisa dinikmati melalui novel “Art in the Blood: Darah Seni” karya Bonnie MacBird yang menceritakan kisah Sherlock Holmes dan “Closed Casket: Peti Tertutup” karya Sophie Hannah yang menghidupkan kembali karakter Hercule Poirot. Tidak hanya itu, novel “spin off” terjemahan “Mycroft Holmes” yang ditulis veteran NBA, Kareem Abdul Jabbar dan Anna Waterhouse juga resmi dirilis dan menjadi pilihan bacaan yang menyenangkan.

Parade ini dimulai dengan novel “Closed Casket” yang diterbitkan pertengahan September lalu yang disusul dengan terbitnya “Art in the Blood” dan “Mycroft Holmes” dalam waktu yang bersamaan, tepatnya 26 September kemarin. Para penggemar dua detektif tersebut tentu tak akan melewatkan dua novel “pastiche” dan “spin-off” tersebut tanpa perlu membandingkannya dengan kisah-kisah yang pernah ditulis oleh para penulis aslinya, yaitu Sir Arthur Conan Doyle dan Agatha Christie.

Sebelum ketiga novel di atas, Gramedia juga telah menerbitkan beberapa novel pastiche untuk kedua detektif tersebut. Salah satu contohnya adalah kisah Sherlock Holmes “The Italian Secretary” yang ditulis oleh Caleb Carr dan “The Monogram Murders” yang merupakan novel pastiche Hercule Poirot pertama yang ditulis oleh Sophie Hannah. Tentunya berbagai review mengenai kedua novel tersebut berdatangan, khususnya dari penggemar yang sudah terbiasa dengan gaya penulis aslinya.

Novel “pastiche” pada umumnya memang terlihat seperti menggunakan karakter yang sudah ada yang terkesan “meniru” gaya penulis aslinya. Namun sejatinya, novel pastiche ditujukan untuk menghidupkan kembali tokoh yang sudah dipuja banyak orang dengan gaya yang berbeda sekaligus sebagai sarana untuk menghormati penulis asli dari karakter tokoh tersebut. Sekarang pertanyaannya adalah apakah siap menikmati ketiga novel terbaru tersebut?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s