‘Mendadak Detektif’ di IRF 2016

asdUntuk kedua kalinya, tim Detectives ID mengikuti kegiatan Festival Pembaca Indonesia (Indonesian Readers Festival) 2016 yang diselenggarakan oleh Goodreads Indonesia di Auditorium Museum Indonesia, Jakarta pada 10 – 11 Desember lalu. Kali ini para admin dari Jakarta dan Bandung berkumpul jadi di booth 17 sambil memperkenalkan tema “Sherlock Holmes & Hercule Poirot” kepada pengunjung yang datang. Melalui permainan memecahkan kode dan menebak pelaku pembunuhan melalui games dying messages yang diikuti pengunjung membuat beberapa pengunjung tiba-tiba ‘mendadak detektif’.

Melalui games tersebut, peserta dituntut memecahkan kode (chiper) yang menunjukkan sebuah benda bersejarah di Museum Nasional. Ada delapan code yang dipersiapkan tim Detectives ID. Sayangnya, para pengunjung lebih tertarik dengan games menebak siapa pelaku dari games ‘dying messages’ dibandingkan dengan ‘breaking code.’ Ada empat ‘pesan kematian ‘ yang dipersiapkan tim Detectives ID dengan hadiah novel ‘Mycroft Holmes’ karya Kareem Abdul Jabbar dan Ann Waterhouse serta ‘Art in the Blood’ karya Bonnie Macbird yang disponsori oleh Gramedia Pustaka Utama.

Pesertanya pun terdiri dari lintas generasi. Mulai dari pelajar sekolah dasar, menengah pertama dan atas, anak kuliah, karyawan kantoran, sampai seraong ibu rumah tangga juga tertarik mengikuti games ini. Dari sekian banyak peserta games hanya beberapa orang yang bisa menebak kode tersebut dengan baik.

Detectives ID hanya sebagian kecil dari kemeriahan di acara Festival Pembaca Indonesia tahun ini. Ada beberapa komunitas baca lain yang turut berkumpul di acara ini. Di antaranya terdapat komunitas lain, seperti Indo Harry Potter, PNFI, Inner Child, Buku Berkaki, Little Woman, serta berbagai penerbit seperti Gtramedia, Noura Books, dan masih banyak lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s